Jadilah Tokoh Publik dengan Memenuhi Tiga Level Personal Branding

- Advertisement -

Personal branding adalah satu hal yang sangat penting sekaligus merupakan syarat utama dalam menunjang kesuksesan seseorang. Begitupun menjadi seorang tokoh publik, diperlukan personal branding yang baik karena bagaimana mungkin masyarakat akan mengenal dan percaya jika seseorang yang akan menjadi tokoh tidak memiliki personal branding yang baik?

Untuk menjadi tokoh publik yang kredibel, kita harus memiliki personal branding yang baik. Caranya adalah dengan memenuhi tiga level dalam personal branding.

Yang pertama adalah level kapasitas. Pada level ini, seorang tokoh publik harus memiliki kapasitas yang mumpuni. Artinya, ia memiliki modal yang akan di-branding kepada publik. Modal itu dapat berupa kepemilikan atas narasi, baik itu berupa ide, gagasan, atau kebijakan publik yang akan ditawarkan kepada masyarakat.

Kemudian adalah modal skill untuk mendukung kekuatan narasinya. Modal skill ini dapat berupa manajemen, kepemimpinan, kemampuan persuasi, dan sebagainya.

Pada level ini, seorang tokoh publik harus memiliki kapasitas yang mumpuni

Level yang kedua adalah memahami cara atau metodologi dalam personal branding. Elvandi sebagai penulis buku Inilah Politikku menjelaskan bahwa dengan memenuhi level kedua ini, branding akan dilakukan secara terarah dan terukur.

Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang harus dipahami dan dijalankan, yaitu menentukan sasaran branding, mengenali dan memahami kehendak sasaran branding, menyampaikan pesan sesuai kebutuhan zaman, dan menggunakan teknologi yang berkembang.

Setelah kedua level dipenuhi, level terakhir adalah proses. Dalam konteks ini, dipahami bahwa personal branding merupakan akumulasi memori jangka panjang masyarakat dari branding yang diterima sehingga branding yang dilakukan itu bersifat lifetime process.

Lifetime process artinya, branding bukan dilakukan sesekali saja, tetapi berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang. Selanjutnya, konten yang digunakan dalam branding menggunakan kalimat yang mudah diingat oleh sasaran branding.

Selain itu, untuk menjadi tokoh publik, kepribadian juga harus diperhatikan dengan baik karena tidak dapat dipungkiri bahwa seorang tokoh publik akan selalu berinteraksi dengan masyarakat dalam menjalankan perannya.

Kepribadian yang baik akan meningkatkan personal branding. Maka dari itu, seorang tokoh publik harus memiliki pemikiran yang logis, sikap yang baik dan santun (etis), dan penampilan yang elegan (estetis) untuk menarik perhatian publik sebagai sasaran branding.

- Advertisement -

Jadilah Yang Paling Update

Mas Ariefhttps://catatanmasarief.com/
Assalamu'alaikum, Hai saya Arief Riyanto atau biasa dipanggil Mas Arief. Saya seorang anak muda yang ingin melakukan perubahan untuk Karawang dan Indonesia. Berawal dari tulisan ini. Semoga terinspirasi dan selamat berkontribusi untuk perubahan yang lebih baik.
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -

Jangan Lewatkan

RUU P-KS, Mengatasi Masalah Tambah Masalah

catatanmasarief.com - Di Indonesia kekerasan seksual menjadi perhatian serius pemerintah sehingga upaya yang kini dilakukan pemerintah untuk menghentikan kasus ini yaitu rencana akan disahkannya RUU P-KS pada tahun ini.

Baca Ebook Negeri – Negeri Akhir Zaman

Buku yang akan Anda baca ini, akan mengajak Anda untuk menelusuri kondisi dan nasib berbagai negeri di akhir zaman yang didasarkan pada nubuwah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Seberapa Siap Menyambut Bulan Ramadhan?

catatanmasarief.com - Bulan Ramadhan penuh dengan keutamaan yang Allah turunkan, umat muslim diseluruh dunia pun bergegas mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan agar amal ibadahnya pada tahun ini dapat lebih baik dari tahun kemarin. Lalu bagaimana dengan kamu? Level berapa semangatmu dalam menyambut Ramadhan tahun ini?

Dengan Al Qur’an Hati Bersinar

catatanmasarief.com - Al Qur'an merupakan mukjizat mulia yang Allah karuniakan kepada Rasulullah Muhammad Shalallahu 'Alaihi wa Sallam.

Indahnya ‘Taman Baliho’ Karawang

catatanmasarief.com - Kota Karawang merupakan kota yang sangat indah dengan tata ruang kota yang dibangun dengan desain yang menyajikan modernitas dan kenyamanan bagi warganya

Membentuk Karakter Cara Islam

catatanmasarief.com - Menanggapi persoalan krisis moral yang terjadi, pada tulisan kali ini merupakan ikhtisar dari sebuah buku karya Anis Matta. Anis Matta dalam buku ini memaparkan banyak hal berkaitan dengan karakter manusia.

Kategori Populer

- Advertisement -

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
error: Content is protected !!