Mewujudkan Karawang Menjadi Kota Bahagia

- Advertisement -

catatanmasarief.com – Kota bahagia saat ini menjadi konsep kota yang ramai di gagas mulai dari masyarakat umum, akademisi, mahasiswa sampai pemerintahan. Kebahagiaan menjadi perhatian yang menarik dan serius di bahas karena merupakan suatu hal yang selalu dicita-citakan oleh setiap manusia dalam kehidupannya, terkhusus umat muslim kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kemudian tujuan Kemerdekaan Negara Indonesia juga sejatinya ialah membawa seluruh warga negara ke depan Pintu Gerbang Kebahagiaan sebagaimana disebutkan dalam alinea ke dua Pembukaan UUD 1945.

“Dan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang BERBAHAGIA dengan selamat dan sentosa, mengantarkan Rakyat Indonesia ke depan Pintu gerbang Kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

Dari narasi tersebut menjadi jelas bahwa kebahagiaan merupakan the ultimate goal – tujuan yang tertinggi dan utama dari sebuah kemerdekaan – Kemerdekaan merupakan sasaran antara sedangkan Kebahagiaan merupakan sasaran akhir.

Singkatnya menurut saya orang bahagia pasti merdeka jiwanya sedangkan orang merdeka belum tentu Bahagia, karena Kemerdekaan merupakan langkah awal untuk mencapai Kebahagiaan.

Dalam hal pemerintahan, kebahagiaan merupakan salah satu indikator utama keberhasilan. Semakin bahagia masyarakat berarti pemerintah berhasil dalam menangani persoalan – persoalan yang ada di masyarakat.

Karawang kota bahagia merupakan suatu cita – cita yang ingin diwujudkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Sehingga hal ini menjadi visi misi bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam bekerja sama berupaya untuk mewujudkan Karawang kota bahagia.

“Karawang kota bahagia merupakan suatu cita – cita yang ingin diwujudkan baik oleh pemerintah maupun masyarakat”

Dalam mewujudkan Karawang menjadi kota bahagia setidaknya ada dua poin penting yang harus diperhatian dan penanganan yang serius baik oleh pemerintah maupun masyarakat yaitu kebahagiaan ditingkat keluarga dan mengimplementasikan slogan INTERASIH dalam kehidupan.

1. Kebahagiaan Keluarga

Keluarga merupakan lingkup terkecil dalam interaksi sosial. Keluarga disini baik orang yang telah menikah atau orang yang tinggal bersama kedua orang tuanya atau keluarga besarnya.

Dilansir dari media berita online republika, pada Januari hingga Juli 2018 tercatat Pengadilan Agama Karawang menerima 1.201 permohonan gugat cerai. Sedangkan pada periode yang sama, Januari hingga Juli 2018, Pengadilan Agama Karawang hanya menerima 434 pengajuan cerai talak dari suami.

Dari data tersebut diketahui bahwa tingkat perceraian di Karawang cukup tinggi, artinya tingkat keharmonisan keluarga masih rendah. Rendahnya keharmonisan bisa jadi dipicu dari rendahnya kebahagiaan dalam keluarga yang disebabkan oleh banyak faktor.

- Advertisement -

Maka kebahagiaan keluarga adalah hal yang penting karena orang yang memiliki keluarga yang bahagia cenderung akan memiliki hubungan yang baik dengan lingkungan sekitarnya. Untuk itu dalam mewujudkan kota yang bahagia kebahagiaan dalam keluarga dari setiap warga kota harus senantiasa dibangun dan dijaga.

2. Mengimplementasikan Slogan INTERASIH

Slogan INTERASIH yang merupakan slogan yang didalamnya tersirat makna dan tujuan luhur dari founding father kabupaten karawang untuk melahirkan kondisi masyarakat karawang yang bahagia, damai dan sejahtera. INTERASIH singkatan dari Indah, Tertib, Aman dan Bersih harus menjadi budaya dalam setiap sendi kehidupan masyarakat Karawang.

Budaya yang harus tertanam dalam setiap sendi kehidupan masyarakat yang dimaksud adalah secara bersama untuk selalu menjaga keindahan lingkungan, keindahan yang bukan hanya dari segi tampilan fisik semata tetapi keindahan dari segi perilaku-perilaku masyarakat yang menjunjung nilai-nilai adab yang luhur.

Ketertiban dalam hubungan sosial, dengan membiasakan budaya tertib maka kekacauan dan tindak kejahatan akan dapat diminimalisir, sehingga menurunkan gejolak emosi amarah dan kesedihan. Kemudian budaya untuk senantiasa menjaga keamanan diri dan lingkungan dapat meningkatkan harapan hidup.

Kemudian budaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, apabila sehat maka akan meningkat pula rasa kebahagiaan dalam diri dan lingkungan.

Dua poin penting di atas menjadi suatu langkah bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya mewujudkan visi membangun Karawang menjadi kota yang bahagia. Bahagia pemerintahnya, bahagia warganya. (AR)

- Advertisement -

Jadilah Yang Paling Update

Mas Ariefhttps://catatanmasarief.com/
Assalamu'alaikum, Hai saya Arief Riyanto atau biasa dipanggil Mas Arief. Saya seorang anak muda yang ingin melakukan perubahan untuk Karawang dan Indonesia. Berawal dari tulisan ini. Semoga terinspirasi dan selamat berkontribusi untuk perubahan yang lebih baik.
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -

Jangan Lewatkan

Karawang dan Tantangan Bonus Demografi

catatanmasarief.com - Pada rentang tahun 2020 hingga 2035 Karawang akan mengalami bonus demografi. inilah upaya yang dapat dilakukan dalam memanfaatkannya.

Strategi Saat Kerja di Rumah Akibat Wabah Corona

Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) menjadi pilihan bagi banyak karyawan pada saat ini. Bagaimana membuat karyawan agar tetap produktif?

Baca Ebook Wajah Syariat Islam di Media

Di media, wajah syariat Islam tak ramah. Ia seakan menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi orang yang ingin berkunjung ke Aceh. Syariat Islam sering diberitakan secara vulgar.

Implementasi Karakter Muslim Negarawan

Muslim Negarawan merupakan profil ideal yang terinterpretasi dari sosok ‘Pemimpin Masa Depan yang Tangguh’ sebagaimana termaktub dalam Visi KAMMI.

Ghazwul Fikri, Perang Tak Berdarah Yang Mematikan

Kini permusuhan yang mereka lakukan terhadap Islam adalah dengan cara yang lebih halus namun mematikan, yaitu Ghazwul Fikri.

Menjaga Spirit 212 Dalam Kehidupan Sehari-hari

catatanmasarief.com - Tahun 2018 ini menjadi tahun kedua diselenggarakannya reuni 212. Suatu momen untuk menguatkan ukhuwah

Kategori Populer

- Advertisement -

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
error: Content is protected !!