Advertisement

Pemuda Adalah Penentu Arah Perubahan Bangsa

- Advertisement -

catatanmasarief.com – Pemuda adalah penentu arah perubahan suatu bangsa dan Negara. Dengan semangat dan idealismenya pemuda selalu menjadi inovator perubahan ketika generasi tua mengalami suatu kebuntuan dalam memecahkan persoalan bangsa dan Negara.

Founding father Presiden Pertama Indonesia pernah menegaskan dengan perkataannya yang fenomenal, “Beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncangkan dunia”, perkataan tersebut mengisyaratkan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan Negara.

- Advertisement -

Selain itu, dalam sejarah perjuangan dakwah Islam pun peran pemuda begitu melekat dan aktif dalam menjadi garda terdepan bersama Rasulullah SAW berjuang untuk mensyiarkan risalah Allah Ta’ala ke setiap penjuru dunia dan berjihad melawan para musuh-musuh Islam.

“Sehingga kejayaan suatu peradaban atau bangsa dan Negara ditentukan oleh kondisi baik atau buruknya para pemuda.”

Pada hari sabtu tanggal 23 Desember 2018, Alhamdulillah saya (Arief Riyanto) berkesempatan dapat hadir dan mengisi sesi materi dan diskusi dalam agenda Pelatihan Pengkaderan organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA).

Dalam agenda yang diikuti oleh para mahasiswa dari kampus UNSIKA dan kampus lainnya tersebut bertajuk “Menyiapkan Generasi Muda Berkarakter Muslim Negarawan” yang berlangsung selama 3 hari 2 malam di sekolah Alam Karawang.

Saya bersama para mahasiswa peserta berdiskusi membahas materi seputar problematika umat kontemporer. Diawali dengan pandangan awal kondisi umat Islam saat ini sampai bagaimana solusi yang dapat kita lakukan untuk melakukan perubahan terhadap problematika yang menimpa umat.

Berkumpul dan berdiskusi dengan sesama pemuda selalu merasakan gairah tersendiri apalagi kalau diskusi tentang persoalan umat, rasanya ingin selalu terus bergerak dan berkontribusi dalam menjadi bagian dari solusi problematika umat khususnya di Kabupaten Karawang.

Akhir kata, kalau pemuda udah berkumpul maka pasti akan lahir ide dan gagasan perubahan untuk bangsa dan Negara serta kebangkitan Islam.

Hidup pemuda Indonesia!
Hidup mahasiswa!
Allahu Akbar!

- Advertisement -
Apa yang kamu rasakan?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisement

Must Read

Advertisement

Related Articles

7 KOMENTAR

  1. Jazakallah khoir mas Arief sudah berbagi ilmunya di acara KAMMI UNSIKA Karawang..

    Salam dari KAMMI Karawang..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: