Solusi Persoalan Indonesia Berawal dari Senyuman

- Advertisement -

 

catatanmasarief.com – Indonesia sebagai negara yang besar dengan berbagai potensi dan keragamannya saat ini hampir setiap hari selalu dihampiri berbagai persoalan.

Persoalan yang menimpa mulai dari bencana alam sampai persoalan dalam urusan pemerintahan.

Masih hangat kita dengar persoalan bencana alam seperti erupsi gunung merapi, gempa, tsunami, longsor dan banjir bandang yang melanda berbagai daerah.

Selain itu dalam urusan pemerintahan sampai persoalan pilpres 2019 pun menjadi persoalan yang tak henti diperbincangkan masyarakat, dan hal itu belum lagi persoalan yang menimpa setiap individu dalam menjalani kehidupannya.

Berbagai persoalan tersebut lambat laun akan membuat kita menjalani hidup penuh tekanan atau dengan kata lain membuat kita stress apabila tidak kunjung menemukan solusinya.

Sehingga tingkat kebahagiaan hidup kita akan menurun, jika sudah menurun maka tingkat motivasi hidup akan menurun pula.

Kemudian untuk dapat menghadapi dan keluar dari persoalan yang menimpa bangsa ini ada sebuah solusi awal yang semua orang rata-rata sudah mengetahuinya, namun kadang sulit untuk mempraktekkannya atau hanya sekedar mempraktekkannya tanpa menjadi suatu hal yang berarti. Ya, solusi itu adalah senyuman.

Senyuman memiliki peranan penting dalam menyelesaikan setiap persoalan hidup yang dialami baik dalam lingkup individu maupun negara.

Berawal dari senyuman seseorang yang baik dalam hal ini sedang mengalami persoalan dirinya sendiri maupun persoalan kenegaraan akan meningkatkan motivasinya, terlebih bagi penganut agama akan meningkatkan keyakinan hatinya pada Tuhannya untuk sabar dan ikhlas lalu bangkit dan bergerak menemukan solusi – solusi lain.

Ada sebuah solusi awal yang semua orang rata-rata sudah mengetahuinya. Ya, solusi itu adalah senyuman

Senyum merupakan tanda ketulusan hati menerima segala yang telah menjadi ketentuan-Nya dan juga tanda ketenangan hati.

Apabila hati tenang maka pikiran akan dapat berpikir dengan jernih untuk menemukan ide-ide yang solutif untuk segala persoalan yang dihadapi, hal inilah yang secara psikologis senyum dapat mengurangi stress dan mengubah perasaan atau meningkatkan mood diri.

Selain itu, senyum mampu membuat kita sebagai warga negara Indonesia menjadi lebih percaya diri.

- Advertisement -

Percaya diri dan sadar bahwa kita dan Indonesia memiliki banyak potensi dan kelebihan lainnya untuk modal menjadi bangsa yang maju dalam berbagai bidang dan tidak hanya selalu menerima bantuan tetapi memberikan bantuan kepada negara-negara yang memerlukannya.

Kemudian Senyum yang tulus dapat memancarkan cahaya hati dan inner beauty kita, memberi kesan hangat dan ramah.

Tersenyum mampu mendekatkan perasaan dan menumbuhkan ikatan kasih sayang yang mengeratkan hubungan hati.

Bukan sekedar hubungan dan ikatan secara keturunan atau materi, tetapi ikatan dan hubungan persaudaran yang berlandaskan iman.

Hal inilah yang dapat menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga Indonesia akan dapat terhindar dari berbagai upaya-upaya memecah belah dan merusak tatanan bangsa.

Disisi lain, bukan hanya dapat menjadi solusi atas persoalan bangsa, senyum memiliki fungsi yang luar biasa dalam mengubah dunia.

Mengapa demikian?

Karena senyum merupakan salah satu instrumen dakwah dan syiar Rasulullah SAW yang turut melengkapi kemuliaan budi pekertinya dalam etika pergaulannya dan dalam membina keharmonisan rumah tangganya.

Suatu hari, seorang Badui Arab meminta sesuatu kepada Rasulullah SAW dengan menarik sorban beliau hingga tercekik, dan tarikan sorban itu meninggalkan bekas pada leher Rasulullah SAW.

Orang ini berpikir, bahwa Rasulullah pasti marah setelah ia melakukan hal tersebut. Namun, yang terjadi adalah sebaliknya.

Ia terkesima menatap Rasulullah SAW yang tidak marah atas perlakuannya yang sangat kasar, tetapi justru Rasulullah SAW tersenyum dengan ikhlas kepadanya.

Akhirnya, senyum tulus Rasulullah SAW, membawa orang Badui ini menikmati indahnya Islam. Sebuah senyum yang didasari ketulusan dan keimanan mampu mengubah keyakinan seseorang.

Ketulusan senyum dan kemuliaan budi pekertinya dalam berdagang bahkan berperang membuatnya mampu menyebarkan Islam hingga Kisra dan Persia.

Senyuman pula merupakan manifestasi dari warisan budaya bangsa Indonesia yang dapat terlihat dari bukti sejarah dalam dakwahnya para wali dan motif kain tradisional seperti ulos dan motif batik yang menggambarkan berbagai kisah tentang konsep senyum dan kebahagiaan.

So, begitu besar dan penting peranan senyum dalam kehidupan kita dan dalam keberlangsungan kemajuan bangsa Indonesia.

Maka dari itu jangan biarkan diri dan bangsa ini larut dalam kesedihan dan permasalahan yang menimpa.

Tersenyumlah, dan awali setiap aktivitas kita dengan senyuman dan akhiri setiap usaha dengan tersenyum dan berdoa. Alhamdulillah.

InsyaAllah, hati dan pikiran kita lebih tenang dan berenergi untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan bahagia.

- Advertisement -

Jadilah Yang Paling Update

Mas Ariefhttps://catatanmasarief.com/
Assalamu'alaikum, Hai saya Arief Riyanto atau biasa dipanggil Mas Arief. Saya seorang anak muda yang ingin melakukan perubahan untuk Karawang dan Indonesia. Berawal dari tulisan ini. Semoga terinspirasi dan selamat berkontribusi untuk perubahan yang lebih baik.
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -

Jangan Lewatkan

Baca Online Ebook Api Sejarah

API SEJARAH, karya Ahmad Mansur Suryanegara, yang lebih mengkhususkan koreksi terhadap penulisan sejarah Indonesia telah membangkitkan kesadaran bersejarah umat Islam Indonesia.

Inilah Tiga Langkah Menjadi Penghafal Al Qur’an

catatanmasarief.com - Mengetahui keutamaan dan mendambakan ingin menjadi penghafal Al Qur’an saja tidak cukup, perlu upaya keras dan sungguh-sungguh untuk dapat menjadi penghafal Al Qur'an.

Mengatasi Masalah Psikologis Siswa Angkatan Covid-19

Guru bukan hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai konselor yang membantu siswa dalam menyelesaikan masalah psikologis yang dihadapinya.

Waspada! Prostitusi Berkedok Spa di Karawang

catatanmasarief.com - Namun kemudian saya ditawari untuk pelayanan “plus – plus”, karena sudah janda, ya akhirnya bersedia, sudah terlanjur jadi sekalian deh. Lumayan untuk nambah penghidupan anak.

Baca Ebook Teach Like Finland

Buku ini memuat rahasia tentang strategi dan anjuran - anjuran yang sangat mudah dipraktekkan dari sistem pendidikan kelas dunia.

Seberapa Siap Menyambut Bulan Ramadhan?

catatanmasarief.com - Bulan Ramadhan penuh dengan keutamaan yang Allah turunkan, umat muslim diseluruh dunia pun bergegas mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan agar amal ibadahnya pada tahun ini dapat lebih baik dari tahun kemarin. Lalu bagaimana dengan kamu? Level berapa semangatmu dalam menyambut Ramadhan tahun ini?

Kategori Populer

- Advertisement -

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
error: