Membangun Personal Branding Dalam Berdakwah

- Advertisement -

catatanmasarief.com – Puncak kejayaan Islam pada masa silam dapat diraih atas berkat pertolongan Allah Ta’ala bukan tanpa adanya usaha yang optimal dalam berdakwah.

Tentunya dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan para sahabatnya kepada setiap umat manusia di seluruh penjuru dunia.

Dalam berbagai catatan literatur yang menerangkan tentang sejarah perjuangan dakwah Islam, bahwa keberhasilan dakwah yang pada akhirnya dapat meraih kejayaan Islam disebabkan oleh banyak faktor.

Faktor tersebut salah satunya yakni setiap fase dakwah memiliki karakteristik dakwah yang berbeda.

Karakteristik dakwah tersebut tidak terlepas dari karakter dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri dan para sahabatnya.

Setidaknya ada tujuh karakteristik dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan para sahabatnya.

Tujuh karakteristik tersebut yaitu, solutif, memudahkan, tegas, bertahap, menyayangi, memaafkan dan mengedepankan harmoni.

Adanya karakteristik dakwah tersebut tentunya agar risalah dakwah dapat diterima oleh sasaran dakwah.

Namun selain itu, ada satu hal pokok yang “wajib” dimiliki oleh para da’i ketika berdakwah, yaitu Personal Branding.

Personal branding diperlukan pertama kali ketika ingin membangun kepercayaan Publik.

Hal ini penting karena ketika telah mendapatkan kepercayaan publik, maka ini adalah awal keberadaan da’i diterima oleh Publik selaku sasaran dakwah.

Apabila keberadaan da’i telah diterima, selanjutnya risalah dakwah pun dapat disampaikan.

Dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 21 Allah Ta’ala berfirman,

- Advertisement -

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”

Melalui ayat tersebut Allah Ta’ala mem-branding pribadi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai manusia yang memiliki suri teladan yang baik sehingga patut untuk di contoh dan di tiru oleh seluruh manusia.

Artinya Allah Ta’ala ingin menegaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah pribadi dapat dipercaya.

Sehingga kebenaran risalah dakwahnya juga dapat diterima dan diikuti sebagai suatu petunjuk dan peringatan dari Allah Ta’ala.

Kemudian di sisi lain, jika kita telaah mulai dari silsilah nasabnya sampai kepada kepribadianya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, telah sangat memenuhi tiga level dalam personal branding.

Tiga level personal branding tersebut, yaitu level kapasitas, level cara dan level proses.

Penjelasan mengenai tiga level personal branding, silakan bisa baca artikel “Jadilah Tokoh Publik Dengan Memenuhi Tiga Level Personal Branding”.

Sebelum risalah dakwah Allah Ta’ala sampaikan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melalui malaikat Jibril AS, beliau dikenal sebagai sosok yang lahir dari keturunan yang terhormat seantero Jazirah Arab.

Beliau juga memiliki kepribadian tidak pernah berbohong sejak kecil sehingga digelari Al Amiin.

Selain itu juga sangat dikenal sebagai pribadi yang santun, bijaksana dan lembut tutur katanya.

Sehingga dakwah Islam perlahan dapat diterima oleh masyarakat dan para kafir Quraisy pun selalu gagal dalam upaya menghancurkan nama baik Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam menyebarluaskan dakwah Islamiyah, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, juga mem-branding para sahabatnya, baik sahabat yang berdakwah bersama beliau maupun yang menjadi utusan dakwah ke berbagai negeri.

Branding yang dilakukan yakni dengan memberikan berbagai gelar dan julukan yang disematkan berdasarkan ciri khas dari masing – masing personal sahabat, baik itu karena kepribadiannya, keturunannya atau amal ibadahnya.

Sebagai contoh adalah sahabat Abu Bakar yang kita kenal dengan gelar Ash Shiddiq (Orang yang dikenal kejujurannya), Umar bin Khattab dijuluki Al Faruq (Orang yang tegas dan pemberani).

Lalu Ustman bin Affan dijuluki Dzunnurain (Orang yang memiliki dua cahaya), ‘Ali bin Abi Thalib dijuluki Dzulfikar (Orang yang memiliki pedang bermata dua).

Selain para sahabat tersebut masih banyak lagi sahabat yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam branding dengan julukan dalam menaikan citra baik umat muslim.

Allah Ta’ala juga mem-branding umat Islam untuk meninggikan nilai dan martabat dari umat lainnya melalui firman-Nya dalam Al Qur’an surat Al Fath ayat 29:

“Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.

Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud.

Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, Yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya.

Tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin).

Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS. Al Fath : 29)

Personal branding yang baik merupakan salah satu faktor yang menjadi sebab Islam dapat diterima oleh umat manusia dari berbagai ras, suku dan budaya di dunia.

Maka dari itu setiap kader dakwah harus membangun kekuatan personal branding dengan baik.

Hal ini agar sasaran dakwah dapat menerima risalah dakwah Islam dengan bercermin kepada pembawa risalah dakwah, karena keberhasilan dakwah tidak terlepas dari peran da’i yang menyampaikan risalah dakwah.

“Keberhasilan dakwah tidak terlepas dari peran da’i yang menyampaikan risalah dakwah”

Apabila sosok pribadi da’i dikenal sebagai orang yang baik dan dapat dipercaya maka keberadaannya dapat diterima sehingga risalah dakwah dapat diterima pula.

Namun sebaliknya apabila sosok pribadi da’i kurang dikenal, lalu bagaimana mungkin risalah dakwah akan dapat tersampaikan sedangkan keberadaan dirinya belum bisa diterima dan dipercaya.

So, tingkatkan kapasitas diri dan jadilah pribadi yang baik dan dapat dipercaya agar dapat mengoptimalkan potensi diri untuk melakukan hal-hal bermanfaat.

Dengan begitu agar dapat menjadi bagian dari upaya berdakwah menyampaikan kebenaran risalah Islam kepada masyarakat di sekitarmu.

- Advertisement -

Jadilah Yang Paling Update

Mas Ariefhttps://catatanmasarief.com/
Assalamu'alaikum, Hai saya Arief Riyanto atau biasa dipanggil Mas Arief. Saya seorang anak muda yang ingin melakukan perubahan untuk Karawang dan Indonesia. Berawal dari tulisan ini. Semoga terinspirasi dan selamat berkontribusi untuk perubahan yang lebih baik.
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -

Jangan Lewatkan

Kopdar Bareng Kang Emil, Ini Inovasi Untuk Karawang

catatanmasarief.com - Menjawab persoalan pengangguran di Karawang kang Emil akan melakukan inovasi baru dalam agenda kopdar.

Baca Online Ebook Self Driving

Saya tidak tahu apa yang ada di kepala Anda saat ini, tetapi saya tahu sesuatu yang mendasar tengah berubah di sebagian besar generasi muda bangsa ini.

Baca Online Ebook Api Sejarah 2

catatanmasarief.com - API SEJARAH Jilid Kesatu dan Kedua, mengangkat sejarah juang jihad Ulama dan Santri sejak abad ke 7 M hingga masa presiden RI ke 7.

Resume Buku Syarah 10 Muwashafat (Part. 1)

catatanmasarief.com - Buku Syarah 10 Muwashafat mengkaji tuntas tentang sejumlah karakter dan muwashafat orang - orang yang sempurna keimanannya, yang berorientasi ketuhanan, berlapang dada dan bersih hatinya berdasar pada salah satu risalah Imam Hasan Al Banna.

Tiga Langkah Menjadi Pemimpin Patriotik, Kreatif dan Kolaboratif

catatanmasarief.com - Pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan. Seorang pemuda harus sadar bahwa masa depan bangsa dan kepemimpinan negara berada di tangannya.

Dengan Al Qur’an Hati Bersinar

catatanmasarief.com - Al Qur'an merupakan mukjizat mulia yang Allah karuniakan kepada Rasulullah Muhammad Shalallahu 'Alaihi wa Sallam.

Kategori Populer

- Advertisement -

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
error: