Kolaborasi Peduli Kesehatan Masyarakat Karawang

- Advertisement -

catatanmasarief.com – Dalam masyarakat muslim, khitan bagi seorang anak merupakan salah satu sunnah fitrah yang muakkadah (sangat dianjurkan).

Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, yang juga dilakukan demi untuk menjaga kesucian ibadah dan kesehatan jasmaniyah. Sebagaimana termaktub dalam hadist, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“(Sunnah) fitrah (kesucian) itu ada lima, yaitu; khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, mencukur kumis dan memotong kuku.” (HR. Bukhari: No. 5823).

Menurut ilmu kedokteran, melaksanakan khitan ini lebih utama pada usia anak – anak. Bagi sebagian umat muslim di Karawang, mengkhitankan anak kadang terbentur masalah biaya.

Biaya yang cukup mahal untuk melaksanakan khitan menjadi alasan sebagian orang tua yang berpenghasilan rendah dan hidup pas-pasan, belum lagi untuk perawatannya pasca khitan. Sehingga kewajiban mengkhitankan anak merupakan beban yang cukup berat.

Kondisi seperti ini tentunya memerlukan perhatian serius dan uluran tangan dari berbagai pihak terutama pemerintah, Dinas Kesehatan dan saudara sesama muslim di Karawang yang lebih mampu untuk membantu mereka.

Membantu mereka agar dapat melaksanakan khitan bagi anak-anaknya dapat mewujudkan masyarakat yang sehat secara jasmaniyah dan juga mendapatkan balasan kebaikan dari Allah Ta’ala.

“Bagi sebagian umat muslim di Karawang, mengkhitankan anak kadang terbentur masalah biaya. Biaya yang cukup mahal untuk melaksanakan khitan menjadi alasan sebagian orang tua yang berpenghasilan rendah dan hidup pas-pasan”

Sebagai bentuk komitmen dalam menyampaikan syiar da’wah dan pengabdian masyarakat di wilayah Karawang dan sekitarnya, Alhamdulillah, saya melalui Bidang Dakwah dan Sosial Yayasan Harapan Umat Karawang bekerjasama dengan tim dokter dari Rumah Sakit (RS) Dewi Sri Karawang, menyelenggarakan kegiatan Khitanan Massal gratis bagi masyarakat Karawang, khususnya lingkungan kecamatan Telukjambe Timur, desa Sukaharja, Sabtu (21/09) di Klinik Yayasan Harapan Umat Karawang.

Dalam kegiatan ini saya bersama kawan-kawan dalam kepanitiaan yang juga mendapat dukungan dari Yayasan dan pihak lainnya, untuk bergerak memberikan pelayanan khitanan gratis bagi warga sekitar Yayasan Harapan Umat.

Warga yang khususnya berada di kecamatan Telukjambe Timur, namun tidak menutup kemungkinan untuk warga dari jauh boleh mendaftarkan anaknya menjadi peserta.

Sebanyak 50 orang dari berbagai usia menjadi peserta khitanan tahun ini. Peserta termuda berusia 1 tahun.

Saya salut sama keberanian anak – anak peserta khitan yang mau dikhitan dengan kemauannya sendiri, ya walaupun ada juga yang mau dikhitan dengan bujuk rayu dari orang tuanya. Tawa dan tangis para peserta menjadi suara merdu yang meramaikan acara ini dari awal sampai akhir.

- Advertisement -

Kemudian dalam sambutannya, ustadz Ridwan, Lc., M.Pd.I. selaku Ketua Bidang Dakwah dan Sosial Yayasan Harapan Umat Karawang menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai cara Yayasan Harapan Umat Karawang melalui Bidang Dakwah dan Sosial untuk memberi kontribusi kepada masyarakat di sekitarnya. Di samping memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi syariat Islam, juga untuk menjaga kesehatan masyarakat di masa depan.

Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Peserta yang telah selesai dikhitan diberi paket baju muslim, snack, parcel dan uang saku serta obat-obatan untuk membantu proses pemulihan mereka.

Ekspresi senyum sumringah anak – anak terpancar setelah menerima semua bingkisan itu. Acara ini berjalan lancar dan sukses serta diakhiri dengan do’a dan foto bersama.

Bahagia dan puas bisa membantu mereka para orang tua dalam melaksanakan syariat khitan.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak – pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Khususnya kepada Yayasan Harapan Umat yang telah menyediakan tempat dan Rumah Sakit Dewi Sri Karawang atas kerjasamanya mengirimkan tim dokter yang luar biasa.

Kolaborasi seperti ini harus terus dibangun dan dijalin pada masa yang akan datang untuk mewujudkan masyarakat Karawang yang sehat jasmani dan rohani.

- Advertisement -

Jadilah Yang Paling Update

Mas Ariefhttps://catatanmasarief.com/
Assalamu'alaikum, Hai saya Arief Riyanto atau biasa dipanggil Mas Arief. Saya seorang anak muda yang ingin melakukan perubahan untuk Karawang dan Indonesia. Berawal dari tulisan ini. Semoga terinspirasi dan selamat berkontribusi untuk perubahan yang lebih baik.
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -

Jangan Lewatkan

Ikhtisar Buku Humas Gerakan

catatanmasarief.com - Buku Humas Gerakan merupakan dokumentasi dari kumpulan makalah, tulisan dan file-file presentasi Edo Segara terkait kehumasan

Isti’ab, Meningkatkan Kapasitas Rekrutmen Dakwah

Tulisan kali ini ikhtisar dari sebuah buku buah tangan dari Syaikh Fathi Yakan dengan judul asli, Al-Isti’ab fi Hayatid-Da’wah wad Da’iyah, hasil jerih payah yang panjang dan dan buah berbagai pengalaman pahit dalam kancah perjuangan Islam

Adakah Rasulullah Dalam Hidup Kita?

catatanmasarief.com - Ada hal yang meresahkan hati dan pikiran saya, bertahun – tahun memperingati maulid, mendengar kajian dan ceramah maulid, adakah Rasulullah dalam hidup kita, terutama pada saya pribadi?

Ikhtisar Buku Selamatkan Indonesia

Indonesia tidak mungkin dapat memelihara kemerdekaan, kedaulatan dan kemandiriannya apabila Indonesia menjadi subordinat kepentingan kapitalis dunia.

Ikhtisar Buku Kenapa Umat Islam Tertinggal

catatanmasarief.com - Buku ini ditulis berawal dari sebuah pertanyaan besar "Mengapa Umat Islam Tertinggal?"

Angin, Antara Nikmat, Peringatan dan Adzab

catatanmasarief.com - Tanda yang membuktikan segala urusan itu ada di genggaman Allah dan diatur penuh oleh diri-Nya adalah angin. Angin yang hadir membawa nikmat dan terkadang membawa peringatan.

Kategori Populer

- Advertisement -

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
error: