Advertisement

Baca Ebook Ijtihad Membangun Basis Gerakan

- Advertisement -

catatanmasarief.com – Buku Ijtihad Membangun Basis Gerakan ini merupakan kumpulan gagasan, analisa dan data lengkap tentang pergerakan mahasiswa secara umum wabil khusus KAMMI.

Mengambil awal kata judul “Ijtihad”, Ijtihad, kata itu berarti usaha untuk menggali pikir dan memutuskan. Sebagaimana logika hukum Islam, saya melekatkannya dalam konteks buku ini. Jika ternyata ada yang salah, setidaknya masih mendapat pahala satu, jika ternyata benar, maka dua pahala diterima penulis.

- Advertisement -

Gagasan – gagasan ini adalah usaha memeras pikiran dengan kuat, dilandaskan pada niat membangun gerakan. Pada bab pertama, saya mencoba menguak memori saat KAMMI baru berdiri dengan mengawali narasi sejarah bangsa, sejarah gerakan muda yang disekap, dan gerakan Islam yang dikarantina.

Bab kedua adalah penuangan gagasan fundamental tentang Islam, politik, ideologi dan konsep-konsep resmi KAMMI, yaitu intelektual profetik dan muslim negarawan. Bab ketiga adalah persoalan teknis. Kemampuan dasar berorganisasi, yaitu berpartai di kampus, teknis propaganda, fikih demonstrasi dan manajemen sidang saya coba diskusikan di sini.

Kemudian ditambah, pengantar advokasi anggaran—sebuah gerakan yang tak terelakkan bagi organisasi massa seperti KAMMI jika ingin berkontribusi bagi penguatan masyarakat dan pengawasan terhadap budaya korupsi.

Di bab terakhir, beberapa tulisan lepas—namun cukup mendalam—saya masukkan sebagai ceruk penutup, semata agar buku ini makin bermakna.

Harapannya, buku ini bisa bermanfaat bagi kader KAMMI terutama dan juga khalayak yang ingin mengetahui bagaimana KAMMI berfikir dan bergerak. Semoga manfaat juga bagi pecinta ilmu yang ingin mendapat hikmah. Selamat membaca.

Judul buku : Ijtihad Membangun Basis Gerakan

Penulis : Amin Sudarsono

- Advertisement -

Penerbit : Muda Cendekia

Cetakan : Pertama, Juni 2010

Ingin membaca ebook secara offline? Nikmati kemudahan download ebook tanpa iklan.

Pembaca yang baik pasti meninggalkan komentar yang positif.

Semoga bermanfaat.

- Advertisement -
Apa yang kamu rasakan?
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisement

Must Read

Advertisement

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: