Wakaf Buku Sirah, Gerakan Membangun Peradaban Mulia

- Advertisement -

catatanmasarief.com – Peradaban pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan peradaban yang paling mulia dan agung dalam sepanjang sejarah kehidupan manusia. Betapa tidak? Peradaban manusia pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam terpancar nilai-nilai kemuliaan dalam setiap bidang dalam kehidupan.

Mulai dari bidang ekonomi, sosial, budaya, hukum, militer dan politik atau pemerintahan semua dalam naungan dan bimbingan Al Qur’an dan As Sunnah. Mereka meninggalkan nilai-nilai kejahiliyahan yang selama bertahun-tahun telah menghancurkan sendi-sendi kehidupan. Oleh sebab itulah peradaban manusia pada masa itu mencapai puncak kejayaan dan kemakmuran dalam sepanjang kehidupannya.

Kini, peradaban manusia mengalami kemunduran di berbagai bidang dalam kehidupan. Kemunduran itu terjadi karena manusia lebih memilih kembali mengambil nilai-nilai kejahiliyahan sebagai sistem yang mengatur kehidupannya dan meninggalkan Al Qur’an dan As Sunnah yang dalam catatan sejarah sudah jelas membawa kemaslahatan bagi manusia.

Nilai-nilai sekulerisme, liberalisme, pluralisme dan komunisme lebih diagung-agungkan, sedangkan nilai-nilai Islam dengan sistem khilafahnya berbondong-bondong dihujat, dibenci dan ditinggalkan. Padahal nilai-nilai kejahiliyahan yang bersumber dari buatan akal manusia itu memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan sesuai dengan terbatasnya akal manusia.

Kemunduran peradaban manusia, khususnya umat Islam sebagai umat mayoritas di dunia ini, dari berbagai bidang dalam kehidupan dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor eksternal dan internal.

Faktor ekternal kemunduran umat Islam disebabkan karena berbagai serangan yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam. Mulai dari serangan fisik maupun serangan secara ideologi dan sosial-budaya. Nilai-nilai kejahiliyahan yang kini menjadi sistem dalam kehidupan tersebut, merupakan hasil dari serangan secara ideologi dan sosial-budaya.

Kemudian faktor internal juga tidak kalah penting dan menentukan dalam menjadi sebab kemunduran umat Islam dalam tatanan kehidupannya. Dari faktor internal, seorang perwira Zionis Yahudi Israel bernama Moshe Dayan pernah mengatakan tiga kelemahan umat Islam. Tiga kelemahan yang masih sangat relevan dengan kondisi umat Islam saat ini.

Sebagaimana dikutip oleh DR Raghib As-Sirjani dalam bukunya, Spritual Reading, Hidup lebih bermakna dengan membaca, tiga kelemahan itu ialah, pertama, umat Islam umumnya tidak peduli dengan sejarah, bahkan sejarah umat Islam sendiri.

Kedua, umumnya umat Islam umat yang spontan dan tidak terencana, bahkan tidak suka merancang sesuatu dengan detail termasuk untuk mengalahkan negara Israel hari ini atau merancang sesuatu yang lain. Lalu ketiga, umat Islam sangat malas, termasuk malas membaca buku bahkan kitab suci mereka sendiri.

Mengetahui fakta sejarah dan realita kondisi umat Islam saat ini. Seorang muslimah bernama Novia Permatasari tergerak untuk melakukan sebuah kontribusi perbaikan dengan melakukan gerakan sosial. Gerakan sosial tersebut yaitu, gerakan wakaf buku bersama komunitas KUBAH (Komunitas Penebar Shirah Nabawiyah).

Gerakan wakaf buku ini secara khusus fokus pada wakaf buku-buku sirah Nabawiyah atau sejarah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, para Nabi dan Rasul serta buku tentang akhlak Islami. Oleh karenanya gerakan ini bertujuan untuk membumikan sirah demi literasi bangsa yang cerdas dan berperadaban mulia.

Mengetahui fakta sejarah dan realita kondisi umat Islam saat ini. Novia Permatasari tergerak untuk melakukan sebuah kontribusi perbaikan dengan melakukan gerakan sosial

Berikut ragam aktivitas gerakan sosial wakaf buku sirah.

- Advertisement -

 

Melalui gerakan wakaf buku sirah ini, Novia berharap dapat menjadi salah satu upaya untuk mencerdaskan generasi muda Indonesia khususnya umat Islam dengan memahami sejarah para Nabi dan Rasul dan meneladani akhlaknya. Dari harapan tersebut, sasaran gerakan sosial ini mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Bagi anak-anak dapat membaca dan mengambil pelajaran atau hikmah dari setiap kisah para Nabi dan Rasul. Lalu bagi orang dewasa terutama para orang tua dapat membimbing putra-putrinya agar tumbuh minat bacanya dan mengamal nilai-nilai kebaikan dari setiap buku yang telah dibaca bersama.

 

Jika umat Islam berkehendak untuk membulatkan tekad dan mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dan As Sunnah dalam kehidupan sehari-hari, niscaya umat Islam akan meraih kejayaan dan kemuliaan sebagai pemimpin dunia sebagaimana pernah diraih oleh umat Islam pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. End.

- Advertisement -

Jadilah Yang Paling Update

Mas Ariefhttps://catatanmasarief.com/
Assalamu'alaikum, Hai saya Arief Riyanto atau biasa dipanggil Mas Arief. Saya seorang anak muda yang ingin melakukan perubahan untuk Karawang dan Indonesia. Berawal dari tulisan ini. Semoga terinspirasi dan selamat berkontribusi untuk perubahan yang lebih baik.
- Advertisement -

Baca Juga

- Advertisement -

Jangan Lewatkan

Perangkat-Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin

catatanmasarief.com - Buku Perangkat - Perangkat Tarbiyah Ikhwanul Muslimin merupakan himpunan studi terhadap tarbiyah Ikhwanul Muslimin

Baca Ebook Orangtua Cermat Anak Sehat

catatanmasarief.com - Orangtua punya tanggung jawab untuk mempelajari dasar - dasar kesehatan anak jika ingin menjadi dokter pertama dan terbaik bagi anaknya. Siap menjadi dokter pertama dan terbaik bagi anak Anda? Gali ilmunya dalam buku ini dan selamat membaca.

Islam, Pemuda dan Perubahan Sosial

catatanmasarief.com - Sepanjang sejarah, aksi – aksi para pemuda telah menjadi salah satu penentu perubahan sosial – politik di berbagai belahan dunia.

Tiga Langkah Menjadi Pemimpin Patriotik, Kreatif dan Kolaboratif

catatanmasarief.com - Pemuda masa kini adalah pemimpin masa depan. Seorang pemuda harus sadar bahwa masa depan bangsa dan kepemimpinan negara berada di tangannya.

Ikhtisar Buku Selamatkan Indonesia

Indonesia tidak mungkin dapat memelihara kemerdekaan, kedaulatan dan kemandiriannya apabila Indonesia menjadi subordinat kepentingan kapitalis dunia.

Dengan Al Qur’an Hati Bersinar

catatanmasarief.com - Al Qur'an merupakan mukjizat mulia yang Allah karuniakan kepada Rasulullah Muhammad Shalallahu 'Alaihi wa Sallam.

Kategori Populer

- Advertisement -

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
error: